Merakit Komputer

BAB I
PERSIAPAN

1. PERSIAPAN ALAT
Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menyiapkan peralatan terlebih dahulu yang antara lain:
Obeng dengan ujung minus {-} dan plus {+}. Siapkan obeng dengan ukuran sedang dan kecil. Usahakan menggunakan obeng yang memiliki daya magnetis untuk menjaga agar sekrup tidak terlepas dari ujung obeng tersebut.
Tang penjepit dengan ujung kecil, yang gunanya untuk melepas jumper atau mengambil skrup kecil yang terlepas dari tempatnya.
Jumper dan sekrup cadangan.
Gelang anti listrik statis.
Setelah itu semua selesai maka dapat ke langkah perakitan selanjutnya.

2. TIPS PERAKITAN KOMPUTER
Didalam merakit PC ada baiknya kita memperhatikan pantangan yang antara lain:
Baiknya lakukan perakitan PC di ruangan tertutup dan bebas debu. Siapkan meja kerja yang cukup lebar untuk menaruh semua peralatan dan perlengkapan, serta taruh sebuah kursi yang nyaman. Jangan merokok karena abu rokok bisa mengotori dan merusak komponen PC terutama processor. Tempatkan air minum jauh dari meja. Gunakan pula lampu penerangan yang cukup kuat.
Untuk menghindari arus static pastikan outlet listrik telah dibumikan atau gunakan gelang anti statik dan sandal karet. Basuhlah tangan terlebih dahulu dan keringkan untuk menghindari keringat dan kotoran di tangan yang bisa menyebabkkan komponen PC berkarat.

3. KOMPONEN-KOMPONEN YANG DIPERLUKAN
Slain mempersiapan alat untuk merakit sebaiknya mengetahui komponen PC yang diperlukan antara lain:
1. casing
2. motherboard
3. processor
4. memori
5. harddisk
6. floopy drive
7. CD-ROM/CD-RW/DVD-ROM/DVD-RW/DVD COMBO drive
8. kartu add-on{kartu grafis, kartu suara, modem internal}
9. monitor
10. mouse
11. keyboard















BAB II
LANGKAH-LANGKAH PERAKITAN

II.A MEMBUKA CASING DAN MEMASANG POWER SUPPLY
1. Siapkan casing, bukalah dari dusnya dan keluarkan. Bukalah penutupnya dengan melepaskan bautnya. Simpanlah terlebih dahulu penutupnya ke tempat yang aman.
2. Pasanglah switching power supply unit {PSU} adaptor pada tempat yang telah disediakan. Pada model tower dan middle tower, biasanya tempatnya di sisi paling atas. Lalu rekatkan dengan empat buah baut. Atau tidak usah melakukannya apabila casing sudah menyertakan PSU didalamnya.

II.B MEMASANG CPU DAN MOTHERBOARD
1. Bukalah boks motherboard (mobo), keluarkan dan letakkan mobo tersebut di meja. Namun sebelumnya, beri alas pada bagian bawah mobo dengan gabus yang tersedia dalam boksnya. Carilah soket chip processor pada mobo, soket tersebut memiliki lubang sesuai dengan jumlah pin pada chip. Pada salah satu sudutnya pasti ada dua lubang yang tertutup.
2. Lepaskan tuas pengait processor dengan cara menekannyaa lalu tarik ke atas. Posisi pengait tersebut harus benar-benar tegak lurus, sehingga lubang soket terbuka seluruhnya. Ambillah processor, peganglah pada sisi-sisinya. Lalu posisikan pada socket processor, pastikan sudut yang bertanda segitiga berada di dekat pengait. Tancapkan cip processor pada soket dan pastikan pinnya menancap semuanya. Berhati-hatilah jangan sampai pinnya bengkok atau patah.
3. Setelah chip masuk dengan tepat ke dalam socket, turunkan kemballi pengait dengan cara menekannya ke bawah. Kaitkan hingga benar-benar terkunci agar chip processor tidak lepas. Chip yang tidak terkunci bisa pula menimbulkan error saat computer dinyalakan.
4. Sebaiknya beri heatsink dan fan pada chip processor agar processor tidak cepat panas dan tahan lama. Oleskan sedikit thermal paste atau pasta pendingin di atasnya, lalu tempelkan heatsink dan kipas diatasnya.
5. Kuncilah kipas processor dengan menekan dua pengait secara begantian dan hati-hati. Jangan sampai menekan terlalu keras pada sisi atas kipas. Lalu tancapkan kabel power untuk kipas ke motherboard. Letak socketnya biasanya berada di sebelah socket processor, cari saja yang bertuliskan CPU FAN.
6. Beralih ke casing, pasang baut alas untuk mobo pada pelatnya. Warna bautnya biasanya keemasan dan berlubang. Baut ini biasanya disertakan pada saat membeli casing PC. Kemudian kencangkan baut tersebut dngan menggunakn tang.
7. Siapkan pelat penutup pelat belakang, sebagai tempat munculnya port PS/2,USB,COM, parallel, dan soudcard. Pasang pada sisi belakkang casing, posisinya di bawaah power supply. Setelah itu pasanglah bautnya
8. Angkat mobo dan letakkan ke dalaam casing. Posisikan mobo dengan mengepaskan lubang bautnyya di atas baut-baut alas. Lalu pasang baut-baut mobo yang telah diberi cincin isolator. Penggunaan cincin isolator hanya untuk menghindari adanya hubungan arus pendek antara jalur mobo dengan baut. Setelah terpasang semuanya, kencangkan satu persatu dengan mengunakan obeng.
9. Pasang konektor yang berasal dari lampu LED, spiker, tombol power dan tombol reset PC ke mobo. Letak pinnya biasanya berada di depan slot PCI. Meski harus berhati-hati tak perlu merasa khawatir pemasangan konektornya terbolak balik. Masing-masig pin di mobo sudah ada namanya. Tinggal sesuaikan saja dengan nama konektor yang akan ditancapkan.
10. Berikutnya, hubungkan konektor kabel power yang berasal dari PSU ke port power yang berada di mobo. Port power biasanya berwarna putih dengan jumlah pin sebanyak 12 buah. Biasanya letak port power berdampingan dengan socket floppy. Model mobo modern seluruhnya telah menggunakan konektor ATX yang diberi pengait, sehingga pemasangan konektor power tak mungkin terbalik.
11. Tancapkan konektor power processor pada port power tambahan. Konektor tambahan ini diperlukan bila anda memakai processor berbasis pentium 4, karena processor Pentium 4 memerlukan tenaga tambahan agar dapat berjalan dengan optimal. Letak port power tambahan biasanya berada di sebelah slot kartu VGA, berbentuk bujur sangkar dengan jumlah pin sebanyak 4 buah. Pemasangannya mudah tinggal berpatokan pada pengaitnya saja.

II.C MEMASANG KARTU MEMORY
1. Pasang kartu memory {RAM} pada slot DIMM yang telah disediakan. Seuaikan jenis RAM dengan mobo yang digunakan. Untuk mengetahui apa jenis memory yang didukung oleh mobo adalah dengan melihat bentuk slot memory pada mobo. Bila slot tersebutmemiliki dua pembatas antarpin berarti jenis mobo yang digunakan jenis RAM. Sebaliknya bila garis pembatas hanya satu maka jenisnya DDR-RAM
2. Untuk memasang, buka kartu memory lalu tancapkan kartu dengan benar. Pastikan seluruh kaki kartu tertancap pada slot. Kemudian kunci posisinya dengan memasukkan pengait pada tuas penguncinya ke lubang pada kartu memory.

II.D MEMASANG KARTU VGA
1. Ada dua tipeVGA, model AGP dan PCI. Model VGA yang menggunakan slot PCI biasanya terdapat pada mobo computer lama. Slot PCI pada mobo berwarna putih dan lebih panjang dibanding slot AGP yang berwarna coklat gelap. Lepas plat penutup casing yang paling dekat dengan port AGP Gunakkan tang penjepit apabila pelat agak susah dibengkokkan.
2. Tancapkan kartu VGA ke slotnya dengan perlahan dan tegak lurus. Pastikan lempeng besi pada pangkal kartu VGA masuk pada celah yang tadi telah dibuat.
3. Beberapa kartu VGA memiliki colokan untuk power tambahan. Jika ada, ambil konektor power dari power supply dan colokan ke port power yang di kartu VGA.
4. Setelah pemasangan kartu dengan kabel powernya selesai. Pasangkan bautnya untuk mengencangkan posisi kartu VGA pada rangka casing. Pastikan lagi posisi kartu tersebut tidak goyah dan tidak berubah dari slotnya.

II.E MEMASANG KARTU SUARA
1. Umumnya kartu suara atau sound card dipasang pada slot PCI yang tersedia di mobo. Sebelum dipasang lepaskan dulu plat penutup casing didekat slot PCI yang diinginkan. Gunakan tang untuk membuka plat tersebut agar mudah. Putuskan penghubung plat dengan casing dan cabutlah platnya. Sebaiknya slot PCI yang digunakan untuk pemasangan kartu suara ini posisinya tidak terlalu dekat dengan kartu VGA.
2. Ambil kartu suara lalu tancapkan ke slot PCI tersebut secara perlahan dan tegak lurus. Pastikan lempeng besi pada pangkal katu VGA masuk dengan pas pada celah yang telah dibuka.
3. Kencangkan posisinya dengan pemasangan baut.

II.F MEMASANG KARTU LAINNYA
1. Anda bisa memasang kartu lainnya dislot PCI yang masih tesisa. Misalnya anda ingin memasang modem internal atau LAN card. Lakukan cara yang sama seperti pada langkah pemasangan kartu suara.
2. Mobo menyisakan dua pasang pin USB yang bisa anda manfaatkaan untuk memasang port USB tambahan bila anda memiliki kartu untuk memasang port USB/USB2 dan kartu fireware tambahan maka pasanglah juga.

II.G MEMASANG KIPAS TAMBAHAN
Anda bisa memasang kipas tambahan pada casing untuk menjaga sirkulasi udara di dalam PC tetap normal. Tambahkan dua kipas masing-masing di muka dan satunya di belakang. Kipas di muka berfungsi untuk mengluarkan udara dari dalam PC. gunakan baut yang sesuai dengan lubang kipas untuk menguatkannya. Pasang konektor power dengan konektor power dari kotak power supply.

II.H MEMASANG HARDDISK
1. Siapkan harddisk pertama aturlah jumper pada harddisk. Jumper ini ada di bagian belakang harddisk dan memiliki lima pasang pin. Bila harddisk yang akan anda pasang cuma satu maka setlah jumper ke posisi master. Jika ada dua harddisk, maka cabut jumper harddisk ke dua dan posisikan sebagai slave. Petunjuk pemasangan jumper biasanya ada pada sisi atas harddisk.
2. Biasanya posisi jumper harddisk baru akan langsung berada pada posisi master. Jika belum cabutlah jumper dengan tang. Kemudian pasang pin untuk master dengan melihat inisialnya. Biasanya pin untuk master berinisial ‘DS’ {MASTER}, atau sepasang pin paling kiri. Pasang jumper secara verikal dengan menancapkan langsung ke pin.
3. Pasang kabel data IDE jenis ATA/66 pada port data dibelakang harddisk yang punya 49 pin. Pemasangannya cukup mudah. Agar pemasanganya pas, bagian yang tak berlubang dari ujung kabel data harus dipaskan ke bagian port yang tak ada pinnya. Cara lain yang lebih mudah yaitu dengan melihat penanda warna pada kabel. Bagian yang berwarna merah harus ditempatkan dekat dengan soket power untuk harddisk. Lalu pasang ujung satunya dari kabel data tersebut pada soket IDE 1 atau primary IDE pada mobo {biasanya berwarna biru dan ditandai dengan tulisan “IDE1 prrimary”}. Cara pemasangannya sama dengan pemasangan harddisk.
4. Pasang kabel dari power supply ke harddisk. Port kabel power ini punya 4 pin berukuran besar. Pasang dengan pas hingga seluruh ujung konektornya mentok.
5. Pasang harddisk pada drive bay berukuran 3,5 inci. Drive bay tersebut biasanya juga cocok untuk memasukkan floppy drive. Jika sudah pas pasang bautnya.

II.I MEMASANGG FLOPPY DRIVE
1. Siapkan floppy drive. Ruang untuk memasang floppy drive ini mudah dikenal, yaitu ditandai dengan adanya lubang untuk memasukan floppy disk{disket}di bagian depan casing. Tempatkaan floppy drive tepat dibelakang lubang tersebut. Kalau casing PC anda bisa dilepas bagian depannya, maka masukkan saja floppy drive dari depan.
2. Jika sudah pas, pasang baut untuk mengencangkan posisinya.
3. Saatnya memasang kabel data. Kabel data untuk floppy drive berukuran lebih kecil dibandingkan kabel lain. Pasang ujung kabel ke port data berisi 17 pasang ini di belakang floppy drive. Pastikan bagian kabel yang berwarna merah/biru berada di dekat port power. Pasang ujung kabel data lainya ke port IDE FLOPPY di mobo. Port tersebut biasanya ada di bawah IDE primary dan secondary. Setelah itu pasang kabel power dari power supply ke CPU.

II.J MEMASANG CD-ROM DRIVE
1. Ruang untuk cd-rom drive berukuran 5,25 inci dan berada diatas floppy drive dan harddisk. Sebelum menempatkan cd drive buka dulu penutup bay-nya. Biasanya penutupnya ada dua lapis penutup dari plastic dan lempengan logam. Untuk membuka penutup plastik tinggal tekan penutupnya dari dalam. Sedangkan untuk membuka yang logam diperlukan tang untuk memotongya karena penutup ini menyambung dengan rangka casing.
2. Sebelum memasang pastikan posisi jumper. Port jumper di cdrom drive optic terdiri dari tiga pasang pin. Jika anda ingin menjadikan drive tersebut drive utama atau pertama, tempatkan jumper pada bagian master. Sebaliknya jika ingin dijadikan drive sekunder atau slave taruh jumper pada posisi slave.
3. Masukkan drive ke dalam bay yang telah disiapkan tadi.. posisikan dengan tepat sehingga posisi depan drive pas dengan permukaan depan casing. Setelah itu pasang baut pengencangnya.
4. Pasang kabel data jenis ultra ATA 33 untuk menghubungkan drive dengan mobo. Pasang salah satu ujung kabel ke port data di belakang cd drive. Lalu pasangkan ujung lainnya ke port IDE2 atau secondary IDE pada mobo{biasanya berwarna hitam dan posisinya di samping port IDE primary}.
5. Pasang kabel cd audio pada port audio di belakang cd rom drive yang memiliki empat pin kecil. Pasangkan ujung lainnya pada kartu suara tepatnya pada sepasang pin yang bertuliskan”CD IN”.
6. Pasang kabel power untuk cd-rom drive. Pemasanganya sama dengan harddisk.

II.K PENYALAAN KOMPUTER
Hubungkan monitor, keyboard, mouse, dan peranti lainnya pada PC. Jangan lupa tancapkan kabel power ke port power di belakang PC. Sesudah itu, tekan tombol power pada PC dan monitor untuk menghidupkan computer rakitan anda.


BAB III
INSTALASI


III.A PERSIAPAN INSTALASI
Dalam laporan ini, kami menggunakan operating system Windows 98 dan beberapa aplikasi yang sering digunakan sehari – hari.
Adapun langkah – langkah persiapan yang dilaksanakan adalah :
1. Persiapan seluruh bahan instalasi (CD Driver, CD Aplikasi dan Disket) yang diperlukan.
2. Setting BIOS AGAR BOOT DARI cdrom (Apabila menggunakan disket boot, setting BIOs agar booting dari Drive A)
3. Masukkan CD booting pada CDROM.
4. Tunggu hingga prompt (A:/>) tampil di layer.
5. Sebelum diinstall, Hard Disk yang ada harus di partisi terlebih dahulu (Utamanya Hard Disk baru yang belum dipartisi).
6. Ketik fdisk lalu tekan enter.
7. Pada menu diatas terlihat pilihan untuk mengaktifkan LBA (FAT32) atau tidak. Apabila Hard Disk lebih besar dari Gigabyte dan operating system yang diinstal adalah Windows 95 keatas, dan kita hanya ingin membuat 1 partisi, maka sebaiknya LBA diaktifkan.

III.B INSTALASI WINDOWS 98
Dalam perakitan komputer kali ini, kita akan menggunakan sistim operasi Windows 98, karena windows 98 lebih mudah untuk dipelajari bagi tingkat pemula.
1. Masukan CD Master kedalam CDROM.
2. Pindah kedalam drive d degan perintah: C:\>d:
3. Masukkan kedalam direktori Win98 dan ketik setup.
4. Scandisk akan segera dijalankan untuk mengecek Hard Disk dari kemungkinan kerusakan.
5. Setelah program scandisk selesai dijalankan, maka proses instalasi akan segera berlangsung.
5.1 Klik “continue” untuk melanjutkan instalasi.
5.2 Baca baik _ baik License Agreenment, Apabila setuju, pilih ‘Agree’ kemudian klik tombol ‘NEXT’.
5.3 Isilah ‘product key’ sesuai dengan angka yang tertera pada sertifikat software atau pada bagian belakang sampul CD yang digunakan. Kemudian klick Next.
5.4 Setelah itu computer akan mulai melakukan persiapan direktori san file system.
5.5 Masukkan lokasi tempat instalasi, kemudian klik next.
5.6 Apabila anda menginginkan disk startup, masukan disket ke dalam floppy A dan klik ‘OK’, tetapi apabila tidak menginginkan disk startup, klik ‘cancel’.
5.7 Klik next, setelah itu, windows 98 akan segera di copy ke dalam computer.









BAB IV
PENUTUP


Dalam merakit komputer, kita tidak harus pandai dalam segala hal. Tapi, kita harus mengerti apa sebenarnya komputer itu. Dalam merakit komputer, tentunya kita juga harus melakukan berbagai persiapan, misalnya alat-alatnya, harware apa saja yang dibutuhkan, kita juga harus mempertimbangkan sistem operasi apa yang akan kita gunakan. Tentunya kita juga harus mengetahui terlebih dahulu performa komputer yang akan kita rakit, baru kemudian kita tentukan sistim operasi apa yang kita gunakan.
Pada kesempatan kali ini, Penulis sangat ingin memberikan sedikit pengalaman yang pernah saya dapat, sehingga perkembangan ilmu pengetahuan khususnya tentang komputer ini dapat dikenal oleh kalangan pelajar. Harapan saya, semoga tutorial di atas dapat bermanfaat bagi pelajar di Sidoarjo.
Penulis menyadari akan adanya kekurangan dalam tutorial ini. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat saya harapkan dari setiap pembaca demi kesempurnaan tutorial ini.

===================================================================
Kritik dan Saran ke eMail : skarey217an@yahoo.co.id

Merakit Komputer

BAB I
PERSIAPAN

1. PERSIAPAN ALAT
Pertama-tama yang harus dilakukan adalah menyiapkan peralatan terlebih dahulu yang antara lain:
Obeng dengan ujung minus {-} dan plus {+}. Siapkan obeng dengan ukuran sedang dan kecil. Usahakan menggunakan obeng yang memiliki daya magnetis untuk menjaga agar sekrup tidak terlepas dari ujung obeng tersebut.
Tang penjepit dengan ujung kecil, yang gunanya untuk melepas jumper atau mengambil skrup kecil yang terlepas dari tempatnya.
Jumper dan sekrup cadangan.
Gelang anti listrik statis.
Setelah itu semua selesai maka dapat ke langkah perakitan selanjutnya.

2. TIPS PERAKITAN KOMPUTER
Didalam merakit PC ada baiknya kita memperhatikan pantangan yang antara lain:
Baiknya lakukan perakitan PC di ruangan tertutup dan bebas debu. Siapkan meja kerja yang cukup lebar untuk menaruh semua peralatan dan perlengkapan, serta taruh sebuah kursi yang nyaman. Jangan merokok karena abu rokok bisa mengotori dan merusak komponen PC terutama processor. Tempatkan air minum jauh dari meja. Gunakan pula lampu penerangan yang cukup kuat.
Untuk menghindari arus static pastikan outlet listrik telah dibumikan atau gunakan gelang anti statik dan sandal karet. Basuhlah tangan terlebih dahulu dan keringkan untuk menghindari keringat dan kotoran di tangan yang bisa menyebabkkan komponen PC berkarat.

3. KOMPONEN-KOMPONEN YANG DIPERLUKAN
Slain mempersiapan alat untuk merakit sebaiknya mengetahui komponen PC yang diperlukan antara lain:
1. casing
2. motherboard
3. processor
4. memori
5. harddisk
6. floopy drive
7. CD-ROM/CD-RW/DVD-ROM/DVD-RW/DVD COMBO drive
8. kartu add-on{kartu grafis, kartu suara, modem internal}
9. monitor
10. mouse
11. keyboard















BAB II
LANGKAH-LANGKAH PERAKITAN

II.A MEMBUKA CASING DAN MEMASANG POWER SUPPLY
1. Siapkan casing, bukalah dari dusnya dan keluarkan. Bukalah penutupnya dengan melepaskan bautnya. Simpanlah terlebih dahulu penutupnya ke tempat yang aman.
2. Pasanglah switching power supply unit {PSU} adaptor pada tempat yang telah disediakan. Pada model tower dan middle tower, biasanya tempatnya di sisi paling atas. Lalu rekatkan dengan empat buah baut. Atau tidak usah melakukannya apabila casing sudah menyertakan PSU didalamnya.

II.B MEMASANG CPU DAN MOTHERBOARD
1. Bukalah boks motherboard (mobo), keluarkan dan letakkan mobo tersebut di meja. Namun sebelumnya, beri alas pada bagian bawah mobo dengan gabus yang tersedia dalam boksnya. Carilah soket chip processor pada mobo, soket tersebut memiliki lubang sesuai dengan jumlah pin pada chip. Pada salah satu sudutnya pasti ada dua lubang yang tertutup.
2. Lepaskan tuas pengait processor dengan cara menekannyaa lalu tarik ke atas. Posisi pengait tersebut harus benar-benar tegak lurus, sehingga lubang soket terbuka seluruhnya. Ambillah processor, peganglah pada sisi-sisinya. Lalu posisikan pada socket processor, pastikan sudut yang bertanda segitiga berada di dekat pengait. Tancapkan cip processor pada soket dan pastikan pinnya menancap semuanya. Berhati-hatilah jangan sampai pinnya bengkok atau patah.
3. Setelah chip masuk dengan tepat ke dalam socket, turunkan kemballi pengait dengan cara menekannya ke bawah. Kaitkan hingga benar-benar terkunci agar chip processor tidak lepas. Chip yang tidak terkunci bisa pula menimbulkan error saat computer dinyalakan.
4. Sebaiknya beri heatsink dan fan pada chip processor agar processor tidak cepat panas dan tahan lama. Oleskan sedikit thermal paste atau pasta pendingin di atasnya, lalu tempelkan heatsink dan kipas diatasnya.
5. Kuncilah kipas processor dengan menekan dua pengait secara begantian dan hati-hati. Jangan sampai menekan terlalu keras pada sisi atas kipas. Lalu tancapkan kabel power untuk kipas ke motherboard. Letak socketnya biasanya berada di sebelah socket processor, cari saja yang bertuliskan CPU FAN.
6. Beralih ke casing, pasang baut alas untuk mobo pada pelatnya. Warna bautnya biasanya keemasan dan berlubang. Baut ini biasanya disertakan pada saat membeli casing PC. Kemudian kencangkan baut tersebut dngan menggunakn tang.
7. Siapkan pelat penutup pelat belakang, sebagai tempat munculnya port PS/2,USB,COM, parallel, dan soudcard. Pasang pada sisi belakkang casing, posisinya di bawaah power supply. Setelah itu pasanglah bautnya
8. Angkat mobo dan letakkan ke dalaam casing. Posisikan mobo dengan mengepaskan lubang bautnyya di atas baut-baut alas. Lalu pasang baut-baut mobo yang telah diberi cincin isolator. Penggunaan cincin isolator hanya untuk menghindari adanya hubungan arus pendek antara jalur mobo dengan baut. Setelah terpasang semuanya, kencangkan satu persatu dengan mengunakan obeng.
9. Pasang konektor yang berasal dari lampu LED, spiker, tombol power dan tombol reset PC ke mobo. Letak pinnya biasanya berada di depan slot PCI. Meski harus berhati-hati tak perlu merasa khawatir pemasangan konektornya terbolak balik. Masing-masig pin di mobo sudah ada namanya. Tinggal sesuaikan saja dengan nama konektor yang akan ditancapkan.
10. Berikutnya, hubungkan konektor kabel power yang berasal dari PSU ke port power yang berada di mobo. Port power biasanya berwarna putih dengan jumlah pin sebanyak 12 buah. Biasanya letak port power berdampingan dengan socket floppy. Model mobo modern seluruhnya telah menggunakan konektor ATX yang diberi pengait, sehingga pemasangan konektor power tak mungkin terbalik.
11. Tancapkan konektor power processor pada port power tambahan. Konektor tambahan ini diperlukan bila anda memakai processor berbasis pentium 4, karena processor Pentium 4 memerlukan tenaga tambahan agar dapat berjalan dengan optimal. Letak port power tambahan biasanya berada di sebelah slot kartu VGA, berbentuk bujur sangkar dengan jumlah pin sebanyak 4 buah. Pemasangannya mudah tinggal berpatokan pada pengaitnya saja.

II.C MEMASANG KARTU MEMORY
1. Pasang kartu memory {RAM} pada slot DIMM yang telah disediakan. Seuaikan jenis RAM dengan mobo yang digunakan. Untuk mengetahui apa jenis memory yang didukung oleh mobo adalah dengan melihat bentuk slot memory pada mobo. Bila slot tersebutmemiliki dua pembatas antarpin berarti jenis mobo yang digunakan jenis RAM. Sebaliknya bila garis pembatas hanya satu maka jenisnya DDR-RAM
2. Untuk memasang, buka kartu memory lalu tancapkan kartu dengan benar. Pastikan seluruh kaki kartu tertancap pada slot. Kemudian kunci posisinya dengan memasukkan pengait pada tuas penguncinya ke lubang pada kartu memory.

II.D MEMASANG KARTU VGA
1. Ada dua tipeVGA, model AGP dan PCI. Model VGA yang menggunakan slot PCI biasanya terdapat pada mobo computer lama. Slot PCI pada mobo berwarna putih dan lebih panjang dibanding slot AGP yang berwarna coklat gelap. Lepas plat penutup casing yang paling dekat dengan port AGP Gunakkan tang penjepit apabila pelat agak susah dibengkokkan.
2. Tancapkan kartu VGA ke slotnya dengan perlahan dan tegak lurus. Pastikan lempeng besi pada pangkal kartu VGA masuk pada celah yang tadi telah dibuat.
3. Beberapa kartu VGA memiliki colokan untuk power tambahan. Jika ada, ambil konektor power dari power supply dan colokan ke port power yang di kartu VGA.
4. Setelah pemasangan kartu dengan kabel powernya selesai. Pasangkan bautnya untuk mengencangkan posisi kartu VGA pada rangka casing. Pastikan lagi posisi kartu tersebut tidak goyah dan tidak berubah dari slotnya.

II.E MEMASANG KARTU SUARA
1. Umumnya kartu suara atau sound card dipasang pada slot PCI yang tersedia di mobo. Sebelum dipasang lepaskan dulu plat penutup casing didekat slot PCI yang diinginkan. Gunakan tang untuk membuka plat tersebut agar mudah. Putuskan penghubung plat dengan casing dan cabutlah platnya. Sebaiknya slot PCI yang digunakan untuk pemasangan kartu suara ini posisinya tidak terlalu dekat dengan kartu VGA.
2. Ambil kartu suara lalu tancapkan ke slot PCI tersebut secara perlahan dan tegak lurus. Pastikan lempeng besi pada pangkal katu VGA masuk dengan pas pada celah yang telah dibuka.
3. Kencangkan posisinya dengan pemasangan baut.

II.F MEMASANG KARTU LAINNYA
1. Anda bisa memasang kartu lainnya dislot PCI yang masih tesisa. Misalnya anda ingin memasang modem internal atau LAN card. Lakukan cara yang sama seperti pada langkah pemasangan kartu suara.
2. Mobo menyisakan dua pasang pin USB yang bisa anda manfaatkaan untuk memasang port USB tambahan bila anda memiliki kartu untuk memasang port USB/USB2 dan kartu fireware tambahan maka pasanglah juga.

II.G MEMASANG KIPAS TAMBAHAN
Anda bisa memasang kipas tambahan pada casing untuk menjaga sirkulasi udara di dalam PC tetap normal. Tambahkan dua kipas masing-masing di muka dan satunya di belakang. Kipas di muka berfungsi untuk mengluarkan udara dari dalam PC. gunakan baut yang sesuai dengan lubang kipas untuk menguatkannya. Pasang konektor power dengan konektor power dari kotak power supply.

II.H MEMASANG HARDDISK
1. Siapkan harddisk pertama aturlah jumper pada harddisk. Jumper ini ada di bagian belakang harddisk dan memiliki lima pasang pin. Bila harddisk yang akan anda pasang cuma satu maka setlah jumper ke posisi master. Jika ada dua harddisk, maka cabut jumper harddisk ke dua dan posisikan sebagai slave. Petunjuk pemasangan jumper biasanya ada pada sisi atas harddisk.
2. Biasanya posisi jumper harddisk baru akan langsung berada pada posisi master. Jika belum cabutlah jumper dengan tang. Kemudian pasang pin untuk master dengan melihat inisialnya. Biasanya pin untuk master berinisial ‘DS’ {MASTER}, atau sepasang pin paling kiri. Pasang jumper secara verikal dengan menancapkan langsung ke pin.
3. Pasang kabel data IDE jenis ATA/66 pada port data dibelakang harddisk yang punya 49 pin. Pemasangannya cukup mudah. Agar pemasanganya pas, bagian yang tak berlubang dari ujung kabel data harus dipaskan ke bagian port yang tak ada pinnya. Cara lain yang lebih mudah yaitu dengan melihat penanda warna pada kabel. Bagian yang berwarna merah harus ditempatkan dekat dengan soket power untuk harddisk. Lalu pasang ujung satunya dari kabel data tersebut pada soket IDE 1 atau primary IDE pada mobo {biasanya berwarna biru dan ditandai dengan tulisan “IDE1 prrimary”}. Cara pemasangannya sama dengan pemasangan harddisk.
4. Pasang kabel dari power supply ke harddisk. Port kabel power ini punya 4 pin berukuran besar. Pasang dengan pas hingga seluruh ujung konektornya mentok.
5. Pasang harddisk pada drive bay berukuran 3,5 inci. Drive bay tersebut biasanya juga cocok untuk memasukkan floppy drive. Jika sudah pas pasang bautnya.

II.I MEMASANGG FLOPPY DRIVE
1. Siapkan floppy drive. Ruang untuk memasang floppy drive ini mudah dikenal, yaitu ditandai dengan adanya lubang untuk memasukan floppy disk{disket}di bagian depan casing. Tempatkaan floppy drive tepat dibelakang lubang tersebut. Kalau casing PC anda bisa dilepas bagian depannya, maka masukkan saja floppy drive dari depan.
2. Jika sudah pas, pasang baut untuk mengencangkan posisinya.
3. Saatnya memasang kabel data. Kabel data untuk floppy drive berukuran lebih kecil dibandingkan kabel lain. Pasang ujung kabel ke port data berisi 17 pasang ini di belakang floppy drive. Pastikan bagian kabel yang berwarna merah/biru berada di dekat port power. Pasang ujung kabel data lainya ke port IDE FLOPPY di mobo. Port tersebut biasanya ada di bawah IDE primary dan secondary. Setelah itu pasang kabel power dari power supply ke CPU.

II.J MEMASANG CD-ROM DRIVE
1. Ruang untuk cd-rom drive berukuran 5,25 inci dan berada diatas floppy drive dan harddisk. Sebelum menempatkan cd drive buka dulu penutup bay-nya. Biasanya penutupnya ada dua lapis penutup dari plastic dan lempengan logam. Untuk membuka penutup plastik tinggal tekan penutupnya dari dalam. Sedangkan untuk membuka yang logam diperlukan tang untuk memotongya karena penutup ini menyambung dengan rangka casing.
2. Sebelum memasang pastikan posisi jumper. Port jumper di cdrom drive optic terdiri dari tiga pasang pin. Jika anda ingin menjadikan drive tersebut drive utama atau pertama, tempatkan jumper pada bagian master. Sebaliknya jika ingin dijadikan drive sekunder atau slave taruh jumper pada posisi slave.
3. Masukkan drive ke dalam bay yang telah disiapkan tadi.. posisikan dengan tepat sehingga posisi depan drive pas dengan permukaan depan casing. Setelah itu pasang baut pengencangnya.
4. Pasang kabel data jenis ultra ATA 33 untuk menghubungkan drive dengan mobo. Pasang salah satu ujung kabel ke port data di belakang cd drive. Lalu pasangkan ujung lainnya ke port IDE2 atau secondary IDE pada mobo{biasanya berwarna hitam dan posisinya di samping port IDE primary}.
5. Pasang kabel cd audio pada port audio di belakang cd rom drive yang memiliki empat pin kecil. Pasangkan ujung lainnya pada kartu suara tepatnya pada sepasang pin yang bertuliskan”CD IN”.
6. Pasang kabel power untuk cd-rom drive. Pemasanganya sama dengan harddisk.

II.K PENYALAAN KOMPUTER
Hubungkan monitor, keyboard, mouse, dan peranti lainnya pada PC. Jangan lupa tancapkan kabel power ke port power di belakang PC. Sesudah itu, tekan tombol power pada PC dan monitor untuk menghidupkan computer rakitan anda.


BAB III
INSTALASI


III.A PERSIAPAN INSTALASI
Dalam laporan ini, kami menggunakan operating system Windows 98 dan beberapa aplikasi yang sering digunakan sehari – hari.
Adapun langkah – langkah persiapan yang dilaksanakan adalah :
1. Persiapan seluruh bahan instalasi (CD Driver, CD Aplikasi dan Disket) yang diperlukan.
2. Setting BIOS AGAR BOOT DARI cdrom (Apabila menggunakan disket boot, setting BIOs agar booting dari Drive A)
3. Masukkan CD booting pada CDROM.
4. Tunggu hingga prompt (A:/>) tampil di layer.
5. Sebelum diinstall, Hard Disk yang ada harus di partisi terlebih dahulu (Utamanya Hard Disk baru yang belum dipartisi).
6. Ketik fdisk lalu tekan enter.
7. Pada menu diatas terlihat pilihan untuk mengaktifkan LBA (FAT32) atau tidak. Apabila Hard Disk lebih besar dari Gigabyte dan operating system yang diinstal adalah Windows 95 keatas, dan kita hanya ingin membuat 1 partisi, maka sebaiknya LBA diaktifkan.

III.B INSTALASI WINDOWS 98
Dalam perakitan komputer kali ini, kita akan menggunakan sistim operasi Windows 98, karena windows 98 lebih mudah untuk dipelajari bagi tingkat pemula.
1. Masukan CD Master kedalam CDROM.
2. Pindah kedalam drive d degan perintah: C:\>d:
3. Masukkan kedalam direktori Win98 dan ketik setup.
4. Scandisk akan segera dijalankan untuk mengecek Hard Disk dari kemungkinan kerusakan.
5. Setelah program scandisk selesai dijalankan, maka proses instalasi akan segera berlangsung.
5.1 Klik “continue” untuk melanjutkan instalasi.
5.2 Baca baik _ baik License Agreenment, Apabila setuju, pilih ‘Agree’ kemudian klik tombol ‘NEXT’.
5.3 Isilah ‘product key’ sesuai dengan angka yang tertera pada sertifikat software atau pada bagian belakang sampul CD yang digunakan. Kemudian klick Next.
5.4 Setelah itu computer akan mulai melakukan persiapan direktori san file system.
5.5 Masukkan lokasi tempat instalasi, kemudian klik next.
5.6 Apabila anda menginginkan disk startup, masukan disket ke dalam floppy A dan klik ‘OK’, tetapi apabila tidak menginginkan disk startup, klik ‘cancel’.
5.7 Klik next, setelah itu, windows 98 akan segera di copy ke dalam computer.









BAB IV
PENUTUP


Dalam merakit komputer, kita tidak harus pandai dalam segala hal. Tapi, kita harus mengerti apa sebenarnya komputer itu. Dalam merakit komputer, tentunya kita juga harus melakukan berbagai persiapan, misalnya alat-alatnya, harware apa saja yang dibutuhkan, kita juga harus mempertimbangkan sistem operasi apa yang akan kita gunakan. Tentunya kita juga harus mengetahui terlebih dahulu performa komputer yang akan kita rakit, baru kemudian kita tentukan sistim operasi apa yang kita gunakan.
Pada kesempatan kali ini, Penulis sangat ingin memberikan sedikit pengalaman yang pernah saya dapat, sehingga perkembangan ilmu pengetahuan khususnya tentang komputer ini dapat dikenal oleh kalangan pelajar. Harapan saya, semoga tutorial di atas dapat bermanfaat bagi pelajar di Sidoarjo.
Penulis menyadari akan adanya kekurangan dalam tutorial ini. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat saya harapkan dari setiap pembaca demi kesempurnaan tutorial ini.

===================================================================
Kritik dan Saran ke eMail : skarey217an@yahoo.co.id

Menghapus Virus W32 - Pesin - My Heart

Virus W32 - Pesin - My Heart

Bagi Anda yang pernah mendapatkan file berekstensi.exe seperti “jangan dibuka”, “puisi cinta”, “hallo”, “mistery”, “kenangan” dan “myheart” yang berlogo Ms. Word pada My Dokuments di Sistem Komputer Anda, Itu menandakan bahwa sistem komputer anda terinfeksi virus W32. Pesin atau yang dikenal dengan My Heart.

Ketika Anda mencoba menghilangkan, file sesaat akan hilang, tetapi akan muncul lagi dengan nama yang berbeda. Contoh: terdapat file kenangan lalu Anda delete, maka akan muncul lagi dengan nama puisi cinta dan begitu seterusnya.Bagaimana menghapusnya?

Coba Anda ikuti langkah berikut ..... !!!

Langkah Pertama

Setiap Sistem Operasi berbeda pada awal penanganannya

- Windows ME dan XP
1. Menonaktifkan System Restore
· Klik Kanan Pada My Computer
· Pilih Properties
· Pilih tab System Restore
· Beri tanda centang pada Turn off System Restore
· Pastikan Status : turned off
· Lalu klik OK

- Windows 95 dan 98
1. Pastikan komputer Anda pada posisi Safe Mode
· Pada saat booting, tekan f8
· Pilih Safe Mode

Langkah Kedua

1. Masuk Ke dalam Task Manager
* Tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan
2. Klik Tab Processes
3. Cari Proses SysTask.exe
4. Klik End Process

Langkah Ketiga

Scan dengan antivirus ter-update

Langkah Keempat

Bersihkan registry yang telah diubah oleh Pesin
* Ketik regedit pada Run
* Pilih Folder HLM (Hkey_Lokal_Machine)
* Pilih Folder Software
* Lalu Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
* Hapus key “Loadservice”=%System%\SysTask.exe/run
* Simpan registry

Langkah Kelima

Restart komputer

# Selamat Mencoba #

Energi Manusia (Uman Power)

Uman Power
Little Boy dan Fat Man adalah nama bom ATOM yang meluluhlantakkan Nagasaki dan Herosima pada tahun 1945. Bom tersebut muncul karena inspirasi oleh tokoh besar dan jenius dunia, Albert Einstein. Einsteinlah yang mengemukakannya dengan rumus fisika Quantumnya E = mc2. Dengan artinya adalah : “Jika ada patikel atom dengan massa sangat kecil dan dilesatkan dengan kecepatan sangat tinggi maka akan menghasilkan energi yang luar biasa dasyatnya.

Rumus tersebut bisa dianalogikan seperti, jika disebuah jalan melaju mobil bus dengan kecepatan tinggi, kemudian dari arah yang berlawanan (pada jalur yang berbeda) ada sebuah sedan melaju dengan kecepatan tinggi pula. Ketika berpapasan, tiba-tiba dari ban belakang sedan melesatkan kerikil ke arah kaca bus itu. Apa yang terjadi ?, tentulah kaca bus itu retak, bahkan bisa pecah berhambuan.

Maka kalau kita update pada kehidupan kita :

E = m.c2

akan menjadi :

E : Energi kesuksesan
m : Potensi manusia yang tersembunyi
c : Percepatan pembelajaran manusia

Setiap anak manusia dilahirkan dengan diberi kelebihan dan kelemahan, tetapi kita jangan terfokus pada kelemahan kita. Harus terfokus pada kelebihan atau potensi yang diberikan oleh Allah kepada kita. Sebab Allah tidak menciptakan manusia dari barang rongsokan.

Carilah lagi dengan teliti kekuatan potensi kita. mungkin kita masih merasa sulit untuk menemukannya. Untuk itu, sebaiknya sediakan beberapa waktu, beberapa menit untuk menyendiri dan mulai lakukan dialog internal dengan diri sendiri (by your self). Mulailah bertanya, apa potensi terbesar, terunik, terkuat yang kita miliki?. Ingat! potensi adalah modal terbesar untuk mengambil peran optimal menjadi wakil Allah di muka bumi ini.

Setelah menemukan, apa yang kita lakukan? Segera lesatkan, boomkan potensi itu. Kembangkan (m) sehingga menjelma menjadi energi yang dasyat yang akan mengantar anda menuju kesuksesan. But how? (tapi bagaimana) Masukkan potensi anda pada alat yang bernama ‘Pembelajaran’. Di sana akan terjadi proses berkesinambungan dengan kecepatan tinggi (c).

Proses pembelajaran tidak hanya dari bangku formal, tetapi dari non formal yaitu sekolah kehidupan dunia (world). Alat pembelajaran ini tidak lain dan tidak bukan adalah diri kita sendiri. Yakni berupa paradigma berfikir, sikap mental, emosi, dan tindakan kita. Artinya percepatan pembelajaran itu dimulai dengan menyiapkan paradigma sikap, tindakan, dan emosi yang kondusif untuk mengembangkan, melesatkan dan mem-boom-kan potensi kita.

Rumus Einstein itu berlaku untuk setiap orang tanpa pandang latar belakangnya. Itu adalah formulasi universal, mahasiswa, guru, kiyai, pekerja, kuli atau pengangguran yang ingin memperbaiki diri, dia akan memperoleh energi kesuksesan besar bila mau menggunakannya secara konsisten. Mengapa? variabel ini bisa berubah jadi kerikil, besi, batu air, udara atau yang lainnya.

Kalau kita lihat bagaimana luar biasa energi atom yang meledak, maka dapat kita lihat kerusakan terbesar yang ditimbulkan pada fokus jatuhnya bom. Tetapi energinya akan segera menjalar dan meluas hingga ratusan kilometer. Begitu juga kalau kita telah mendapatkan satu kesuksesan yang jadi prioritas, maka kita akan mendapatkan energi yang kekuatannya berlipat ganda, hingga akan menjalar untuk teriakanya sukses-sukses selanjutnya yang lebih besar dan membawa arti. Tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga bagi orang lain, organisasi, masyarakat sekitar kita. Alangkah senangnya kalau hidup kita ini bermanfaat bagi orang lain.

Energi atom memberi pertumbuhan kesuksesan secara eksponential, tidak hanya pertumbuhan secara linier, 3 + 3 = 5, tetapi 3 x 3 = 9. Inilah pertumbuhan kesuksesan eksponential yang sangat luar biasa. Maka ciptakan energi kesuksesan anda dan nikmati hasil yang terus “melahirkan” hasil-hasil lainnya. Syaratnya adalah jangat hanya diam, tapi teruslah bergerak dan bergerak.

Energi Manusia (Uman Power)

Uman Power


Little Boy dan Fat Man adalah nama bom ATOM yang meluluhlantakkan Nagasaki dan Herosima pada tahun 1945. Bom tersebut muncul karena inspirasi oleh tokoh besar dan jenius dunia, Albert Einstein. Einsteinlah yang mengemukakannya dengan rumus fisika Quantumnya E = mc2. Dengan artinya adalah : “Jika ada patikel atom dengan massa sangat kecil dan dilesatkan dengan kecepatan sangat tinggi maka akan menghasilkan energi yang luar biasa dasyatnya.

Rumus tersebut bisa dianalogikan seperti, jika disebuah jalan melaju mobil bus dengan kecepatan tinggi, kemudian dari arah yang berlawanan (pada jalur yang berbeda) ada sebuah sedan melaju dengan kecepatan tinggi pula. Ketika berpapasan, tiba-tiba dari ban belakang sedan melesatkan kerikil ke arah kaca bus itu. Apa yang terjadi ?, tentulah kaca bus itu retak, bahkan bisa pecah berhambuan.

Maka kalau kita update pada kehidupan kita :

E = m.c2

akan menjadi :

E : Energi kesuksesan
m : Potensi manusia yang tersembunyi
c : Percepatan pembelajaran manusia

Setiap anak manusia dilahirkan dengan diberi kelebihan dan kelemahan, tetapi kita jangan terfokus pada kelemahan kita. Harus terfokus pada kelebihan atau potensi yang diberikan oleh Allah kepada kita. Sebab Allah tidak menciptakan manusia dari barang rongsokan.

Carilah lagi dengan teliti kekuatan potensi kita. mungkin kita masih merasa sulit untuk menemukannya. Untuk itu, sebaiknya sediakan beberapa waktu, beberapa menit untuk menyendiri dan mulai lakukan dialog internal dengan diri sendiri (by your self). Mulailah bertanya, apa potensi terbesar, terunik, terkuat yang kita miliki?. Ingat! potensi adalah modal terbesar untuk mengambil peran optimal menjadi wakil Allah di muka bumi ini.

Setelah menemukan, apa yang kita lakukan? Segera lesatkan, boomkan potensi itu. Kembangkan (m) sehingga menjelma menjadi energi yang dasyat yang akan mengantar anda menuju kesuksesan. But how? (tapi bagaimana) Masukkan potensi anda pada alat yang bernama ‘Pembelajaran’. Di sana akan terjadi proses berkesinambungan dengan kecepatan tinggi (c).

Proses pembelajaran tidak hanya dari bangku formal, tetapi dari non formal yaitu sekolah kehidupan dunia (world). Alat pembelajaran ini tidak lain dan tidak bukan adalah diri kita sendiri. Yakni berupa paradigma berfikir, sikap mental, emosi, dan tindakan kita. Artinya percepatan pembelajaran itu dimulai dengan menyiapkan paradigma sikap, tindakan, dan emosi yang kondusif untuk mengembangkan, melesatkan dan mem-boom-kan potensi kita.

Rumus Einstein itu berlaku untuk setiap orang tanpa pandang latar belakangnya. Itu adalah formulasi universal, mahasiswa, guru, kiyai, pekerja, kuli atau pengangguran yang ingin memperbaiki diri, dia akan memperoleh energi kesuksesan besar bila mau menggunakannya secara konsisten. Mengapa? variabel ini bisa berubah jadi kerikil, besi, batu air, udara atau yang lainnya.

Kalau kita lihat bagaimana luar biasa energi atom yang meledak, maka dapat kita lihat kerusakan terbesar yang ditimbulkan pada fokus jatuhnya bom. Tetapi energinya akan segera menjalar dan meluas hingga ratusan kilometer. Begitu juga kalau kita telah mendapatkan satu kesuksesan yang jadi prioritas, maka kita akan mendapatkan energi yang kekuatannya berlipat ganda, hingga akan menjalar untuk teriakanya sukses-sukses selanjutnya yang lebih besar dan membawa arti. Tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga bagi orang lain, organisasi, masyarakat sekitar kita. Alangkah senangnya kalau hidup kita ini bermanfaat bagi orang lain.

Energi atom memberi pertumbuhan kesuksesan secara eksponential, tidak hanya pertumbuhan secara linier, 3 + 3 = 5, tetapi 3 x 3 = 9. Inilah pertumbuhan kesuksesan eksponential yang sangat luar biasa. Maka ciptakan energi kesuksesan anda dan nikmati hasil yang terus “melahirkan” hasil-hasil lainnya. Syaratnya adalah jangat hanya diam, tapi teruslah bergerak dan bergerak.

Perkembangan Psikologi Remaja

Perkembangan Psikologi Remaja


Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 12 tahun sampai 21 tahun.
Setiap tahap usia manusia pasti ada tugas-tugas perkembangan yang harus dilalui. Bila seseorang gagal melalui tugas perkembangan pada usia yang sebenarnya maka pada tahap perkembangan berikutnya akan terjadi masalah pada diri seseorang tersebut. Untuk mengenal kepribadian remaja perlu diketahui tugas-tugas perkembangannya. Tugas-tugas perkembangan tersebut antara lain :

þ Remaja dapat menerima keadaan fisiknya dan dapat memanfaatkannya secara efektif
Sebagian besar remaja tidak dapat menerima keadaan fisiknya. Hal tersebut terlihat dari penampilan remaja yang cenderung meniru penampilan orang lain atau tokoh tertentu. Misalnya si Ani merasa kulitnya tidak putih seperti bintang film, maka Ani akan berusaha sekuat tenaga untuk memutihkan kulitnya. Perilaku Ani yang demikian tentu menimbulkan masalah bagi dirinya sendiri dan orang lain. Mungkin Ani akan selalu menolak bila diajak ke pesta oleh temannya sehingga lama-kelamaan Ani tidak memiliki teman, dan sebagainya.

þ Remaja dapat memperoleh kebebasan emosional dari orangtua
Usaha remaja untuk memperoleh kebebasan emosional sering disertai perilaku "pemberontakan" dan melawan keinginan orangtua. Bila tugas perkembangan ini sering menimbulkan pertentangan dalam keluarga dan tidak dapat diselesaikan di rumah, maka remaja akan mencari jalan keluar dan ketenangan di luar rumah. Tentu saja hal tersebut akan membuat remaja memiliki kebebasan emosional dari luar orangtua sehingga remaja justru lebih percaya pada teman-temannya yang senasib dengannya. Jika orangtua tidak menyadari akan pentingnya tugas perkembangan ini, maka remaja Anda dalam kesulitan besar.

þ Remaja mampu bergaul lebih matang dengan kedua jenis kelamin
Pada masa remaja, remaja sudah seharusnya menyadari akan pentingnya pergaulan. Remaja yang menyadari akan tugas perkembangan yang harus dilaluinya adalah mampu bergaul dengan kedua jenis kelamin maka termasuk remaja yang sukses memasuki tahap perkembangan ini. Ada sebagaian besar remaja yang tetap tidak berani bergaul dengan lawan jenisnya sampai akhir usia remaja. Hal tersebut menunjukkan adanya ketidakmatangan dalam tugas perkembangan remaja tersebut.

þ Mengetahui dan menerima kemampuan sendiri
Banyak remaja yang belum mengetahui kemampuannya. Bila remaja ditanya mengenai kelebihan dan kekurangannya pasti mereka akan lebih cepat menjawab tentang kekurangan yang dimilikinya dibandingkan dengan kelebihan yang dimilikinya. Hal tersebut menunjukkan bahwa remaja tersebut belum mengenal kemampuan dirinya sendiri. Bila hal tersebut tidak diselesaikan pada masa remaja ini tentu saja akan menjadi masalah untuk tugas perkembangan selanjutnya (masa dewasa atau bahkan sampai tua sekalipun).

þ Memperkuat penguasaan diri atas dasar skala nilai dan norma
Skala nilai dan norma biasanya diperoleh remaja melalui proses identifikasi dengan orang yang dikaguminya terutama dari tokoh masyarakat maupun dari bintang-bintang yang dikaguminya. Dari skala nilai dan norma yang diperolehnya akan membentuk suatu konsep mengenai harus menjadi seperti siapakah "aku" ?, sehingga hal tersebut dijadikan pegangan dalam mengendalikan gejolak dorongan dalam dirinya.

þ Selain tugas-tugas perkembangan, kita juga harus mengenal ciri-ciri khusus pada remaja, antara lain :
§ Pertumbuhan Fisik yang sangat Cepat
§ Emosinya tidak stabil
§ Perkembangan Seksual sangat menonjol
§ Cara berfikirnya bersifat kausalitas (hukum sebab akibat)
§ Terikat erat dengan kelompoknya

Secara teoritis beberapa tokoh psikologi mengemukakan tentang batas-batas umur remaja, tetapi dari sekian banyak tokoh yang mengemukakan tidak dapat menjelaskan secara pasti tentang batasan usia remaja karena masa remaja ini adalah masa peralihan. Dari kesimpulan yang diperoleh maka masa remaja dapat dibagi dalam 2 periode yaitu :
1. Periode Masa Puber usia 12-18 tahun
a. Masa Pra Pubertas : peralihan dari akhir masa kanak-kanak ke masa awal pubertas. Cirinya :
§ Anak tidak suka diperlakukan seperti anak kecil lagi
§ Anak mulai bersikap kritis

b. Masa Pubertas usia 14-16 tahun : masa remaja awal. Cirinya :
§ Mulai cemas dan bingung tentang perubahan fisiknya
§ Memperhatikan penampilan
§ Sikapnya tidak menentu / plin-plan
§ Suka berkelompok dengan teman sebaya dan senasib

c. Masa Akhir Pubertas usia 17-18 tahun : peralihan dari masa pubertas ke masa adolesen. Cirinya :
§ Pertumbuhan fisik sudah mulai matang tetapi kedewasaan psikologisnya belum tercapai sepenuhnya
§ Proses kedewasaan jasmaniah pada remaja putri lebih awal dari remaja pria

2. Periode Remaja Adolesen usia 19-21 tahun
Merupakan masa akhir remaja. Beberapa sifat penting pada masa ini adalah :
§ Perhatiannya tertutup pada hal-hal realistis
§ Mulai menyadari akan realitas
§ Sikapnya mulai jelas tentang hidup
§ Mulai nampak bakat dan minatnya

Dengan mengetahui tugas perkembangan dan ciri-ciri usia remaja diharapkan para orangtua, pendidik dan remaja itu sendiri memahami hal-hal yang harus dilalui pada masa remaja ini sehingga bila remaja diarahkan dan dapat melalui masa remaja ini dengan baik maka pada masa selanjutnya remaja akan tumbuh sehat kepribadian dan jiwanya. Sumber : www.iqeq.web.id.

Perkembangan Psikologi Remaja

Perkembangan Psikologi Remaja


Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 12 tahun sampai 21 tahun.
Setiap tahap usia manusia pasti ada tugas-tugas perkembangan yang harus dilalui. Bila seseorang gagal melalui tugas perkembangan pada usia yang sebenarnya maka pada tahap perkembangan berikutnya akan terjadi masalah pada diri seseorang tersebut. Untuk mengenal kepribadian remaja perlu diketahui tugas-tugas perkembangannya. Tugas-tugas perkembangan tersebut antara lain :

þ Remaja dapat menerima keadaan fisiknya dan dapat memanfaatkannya secara efektif
Sebagian besar remaja tidak dapat menerima keadaan fisiknya. Hal tersebut terlihat dari penampilan remaja yang cenderung meniru penampilan orang lain atau tokoh tertentu. Misalnya si Ani merasa kulitnya tidak putih seperti bintang film, maka Ani akan berusaha sekuat tenaga untuk memutihkan kulitnya. Perilaku Ani yang demikian tentu menimbulkan masalah bagi dirinya sendiri dan orang lain. Mungkin Ani akan selalu menolak bila diajak ke pesta oleh temannya sehingga lama-kelamaan Ani tidak memiliki teman, dan sebagainya.

þ Remaja dapat memperoleh kebebasan emosional dari orangtua
Usaha remaja untuk memperoleh kebebasan emosional sering disertai perilaku "pemberontakan" dan melawan keinginan orangtua. Bila tugas perkembangan ini sering menimbulkan pertentangan dalam keluarga dan tidak dapat diselesaikan di rumah, maka remaja akan mencari jalan keluar dan ketenangan di luar rumah. Tentu saja hal tersebut akan membuat remaja memiliki kebebasan emosional dari luar orangtua sehingga remaja justru lebih percaya pada teman-temannya yang senasib dengannya. Jika orangtua tidak menyadari akan pentingnya tugas perkembangan ini, maka remaja Anda dalam kesulitan besar.

þ Remaja mampu bergaul lebih matang dengan kedua jenis kelamin
Pada masa remaja, remaja sudah seharusnya menyadari akan pentingnya pergaulan. Remaja yang menyadari akan tugas perkembangan yang harus dilaluinya adalah mampu bergaul dengan kedua jenis kelamin maka termasuk remaja yang sukses memasuki tahap perkembangan ini. Ada sebagaian besar remaja yang tetap tidak berani bergaul dengan lawan jenisnya sampai akhir usia remaja. Hal tersebut menunjukkan adanya ketidakmatangan dalam tugas perkembangan remaja tersebut.

þ Mengetahui dan menerima kemampuan sendiri
Banyak remaja yang belum mengetahui kemampuannya. Bila remaja ditanya mengenai kelebihan dan kekurangannya pasti mereka akan lebih cepat menjawab tentang kekurangan yang dimilikinya dibandingkan dengan kelebihan yang dimilikinya. Hal tersebut menunjukkan bahwa remaja tersebut belum mengenal kemampuan dirinya sendiri. Bila hal tersebut tidak diselesaikan pada masa remaja ini tentu saja akan menjadi masalah untuk tugas perkembangan selanjutnya (masa dewasa atau bahkan sampai tua sekalipun).

þ Memperkuat penguasaan diri atas dasar skala nilai dan norma
Skala nilai dan norma biasanya diperoleh remaja melalui proses identifikasi dengan orang yang dikaguminya terutama dari tokoh masyarakat maupun dari bintang-bintang yang dikaguminya. Dari skala nilai dan norma yang diperolehnya akan membentuk suatu konsep mengenai harus menjadi seperti siapakah "aku" ?, sehingga hal tersebut dijadikan pegangan dalam mengendalikan gejolak dorongan dalam dirinya.

þ Selain tugas-tugas perkembangan, kita juga harus mengenal ciri-ciri khusus pada remaja, antara lain :
§ Pertumbuhan Fisik yang sangat Cepat
§ Emosinya tidak stabil
§ Perkembangan Seksual sangat menonjol
§ Cara berfikirnya bersifat kausalitas (hukum sebab akibat)
§ Terikat erat dengan kelompoknya

Secara teoritis beberapa tokoh psikologi mengemukakan tentang batas-batas umur remaja, tetapi dari sekian banyak tokoh yang mengemukakan tidak dapat menjelaskan secara pasti tentang batasan usia remaja karena masa remaja ini adalah masa peralihan. Dari kesimpulan yang diperoleh maka masa remaja dapat dibagi dalam 2 periode yaitu :
1. Periode Masa Puber usia 12-18 tahun
a. Masa Pra Pubertas : peralihan dari akhir masa kanak-kanak ke masa awal pubertas. Cirinya :
§ Anak tidak suka diperlakukan seperti anak kecil lagi
§ Anak mulai bersikap kritis
b. Masa Pubertas usia 14-16 tahun : masa remaja awal. Cirinya :
§ Mulai cemas dan bingung tentang perubahan fisiknya
§ Memperhatikan penampilan
§ Sikapnya tidak menentu / plin-plan
§ Suka berkelompok dengan teman sebaya dan senasib

c. Masa Akhir Pubertas usia 17-18 tahun : peralihan dari masa pubertas ke masa adolesen. Cirinya :
§ Pertumbuhan fisik sudah mulai matang tetapi kedewasaan psikologisnya belum tercapai sepenuhnya
§ Proses kedewasaan jasmaniah pada remaja putri lebih awal dari remaja pria

2. Periode Remaja Adolesen usia 19-21 tahun
Merupakan masa akhir remaja. Beberapa sifat penting pada masa ini adalah :
§ Perhatiannya tertutup pada hal-hal realistis
§ Mulai menyadari akan realitas
§ Sikapnya mulai jelas tentang hidup
§ Mulai nampak bakat dan minatnya

Dengan mengetahui tugas perkembangan dan ciri-ciri usia remaja diharapkan para orangtua, pendidik dan remaja itu sendiri memahami hal-hal yang harus dilalui pada masa remaja ini sehingga bila remaja diarahkan dan dapat melalui masa remaja ini dengan baik maka pada masa selanjutnya remaja akan tumbuh sehat kepribadian dan jiwanya. Sumber : www.iqeq.web.id.

Sekolah Unggul Yang Tidak Unggul

Sekolah Unggulan yang Tidak Unggul Oleh: Drs. Nurkolis, MM.
=================================================================

Kualitas manusia Indonesia rendah telah menjadi berita rutin. Setiap keluar laporan Human Development Index, posisi kualitas SDM kita selalu berada di bawah. Salah satu penyebab dan sekaligus kunci utama rendahnya kualitas manusia Indonesia adalah kualitas pendidikan yang rendah. Kualitas sosial-ekonomi dan kualitas gizi-kesehatan yang tinggi tidak akan dapat bertahan tanpa adanya manusia yang memiliki pendidikan berkualitas.
Negeri ini sedang berjuang keras untuk meningkatkan kualitas pendidikan, namun hasilnya belum memuaskan. Kini upaya meningkatkan kualitas pendidikan ditempuh dengan membuka sekolah-sekolah unggulan, misal Sekolah Taruna Nusantara. Sekolah unggulan dipandang sebagai salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus kualitas SDM. Sekolah unggulan diharapkan melahirkan manusia-manusia unggul yang amat berguna untuk membangun negeri yang kacau balau ini. Tak dapat dipungkiri setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi manusia unggul. Hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah unggulan. Setiap tahun ajaran baru sekolah-sekolah unggulan dibanjiri calon siswa, karena adanya keyakinan bisa melahirkan manusia-masnusia unggul. Benarkan sekolah-sekolah unggulan kita mampu melahirkan manusia-manusia unggul?
Sebutan sekolah unggulan itu sendiri kurang tepat. Kata “unggul” menyiratkan adanya superioritas dibanding dengan yang lain. Kata ini menunjukkan adanya “kesombongan” intelektual yang sengaja ditanamkan di lingkungan sekolah. Di negara-negara maju, untuk menunjukkan sekolah yang baik tidak menggunakan kata unggul (excellent) melainkan effective, develop, accelerate, dan essential (Susan Albers Mohrman, et.al., School Based Management: Organizing for High Performance, San Francisco, 1994, h. 81).
Dari sisi ukuran muatan keunggulan, sekolah unggulan di Indonesia juga tidak memenuhi syarat. Sekolah unggulan di Indonesia hanya mengukur sebagian kemampuan akademis. Dalam konsep yang sesungguhnya, sekolah unggul adalah sekolah yang secara terus menerus meningkatkan kinerjanya dan menggunakan sumberdaya yang dimilikinya secara optimal untuk menumbuh-kembangkan prestasi siswa secara menyeluruh. Berarti bukan hanya prestasi akademis saja yang ditumbuh-kembangkan, melainkan potensi psikis, fisik, etik, moral, religi, emosi, spirit, adversity dan intelegensi.

Konsep Sekolah Unggulan
Sekolah unggulan yang sebenarnya dibangun secara bersama-sama oleh seluruh warga sekolah, bukan hanya oleh pemegang otoritas pendidikan. Dalam konsep sekolah unggulan yang saat ini diterapkan, untuk menciptakan prestasi siswa yang tinggi maka harus dirancang kurikulum yang baik yang diajarkan oleh guru-guru yang berkualitas tinggi. Padahal sekolah unggulan yang sebenarnya, keunggulan akan dapat dicapai apabila seluruh sumber daya sekolah dimanfaatkan secara optimal. Berati tenaga administrasi, pengembang kurikulum di sekolah, kepala sekolah, dan penjaga sekolah pun harus dilibatkan secara aktif. Karena semua sumber daya tersebut akan menciptakan iklim sekolah yang mempu membentuk keunggulan sekolah.
Keunggulan sekolah terletak pada bagaimana cara sekolah merancang-bangun sekolah sebagai organisasi. Maksudnya adalah bagaimana struktur organisasi pada sekolah itu disusun, bagaimana warga sekolah berpartisipasi, bagaimana setiap orang memiliki peran dan tanggung jawab yang sesuai dan bagaimana terjadinya pelimpahan dan pendelegasian wewenang yang disertai tangung jawab. Semua itu bermuara kepada kunci utama sekolah unggul adalah keunggulan dalam pelayanan kepada siswa dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensinya. Menurut Profesor Suyanto, program kelas (baca: sekolah) unggulan di Indonesia secara pedagogis menyesatkan, bahkan ada yang telah memasuki wilayah malpraktik dan akan merugikan pendidikan kita dalam jangka panjang. Kelas-kelas unggulan diciptakan dengan cara mengelompokkan siswa menurut kemampuan akademisnya tanpa didasari filosofi yang benar. Pengelompokan siswa ke dalam kelas-kelas menurut kemampuan akademis tidak sesuai dengan hakikat kehidupan di masyarakat. Kehidupan di masyarakat tak ada yang memiliki karakteristik homogen (Kompas, 29-4-2002, h.4).
Bila boleh mengkritisi, pelaksanaan sekolah unggulan di Indonesia memiliki banyak kelemahan selain yang dikemukakan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta di atas. Pertama, sekolah unggulan di sini membutuhkan legitimasi dari pemerintah bukan atas inisiatif masyarakat atau pengakuan masyarakat. Sehingga penetapan sekolah unggulan cenderung bermuatan politis dari pada muatan edukatifnya. Apabila sekolah unggulan didasari atas pengakuan masyarakat maka pemerintah tidak perlu mengucurkan dana lebih kepada sekolah unggulan, karena masyarakat akan menanggung semua biaya atas keunggulan sekolah itu.
Kedua, sekolah unggulan hanya melayani golongan kaya, sementara itu golongan miskin tidak mungkin mampu mengikuti sekolah unggulan walaupun secara akademis memenuhi syarat. Untuk mengikuti kelas unggulan, selain harus memiliki kemampuan akademis tinggi juga harus menyediakan uang jutaan rupiah. Artinya penyelenggaraan sekolah unggulan bertentangan dengan prinsip equity yaitu terbukanya akses dan kesempatan yang sama bagi setiap orang untuk menikmati pendidikan yang baik. Keadilan dalam penyelenggaraan pendidikan ini amat penting agar kelak melahirkan manusia-manusia unggul yang memiliki hati nurani yang berkeadilan.
Ketiga, profil sekolah unggulan kita hanya dilihat dari karakteristik prestasi yang tinggi berupa NEM, input siswa yang memiliki NEM tinggi, ketenagaan berkualitas, sarana prasarana yang lengkap, dana sekolah yang besar, kegiatan belajar mengajar dan pengelolaan sekolah yang kesemuanya sudah unggul. Wajar saja bila bahan masukannya bagus, diproses di tempat yang baik dan dengan cara yang baik pula maka keluarannya otomatis bagus. Yang seharusnya disebut unggul adalah apabila masukan biasa-biasa saja atau kurang baik tetapi diproses ditempat yang baik dengan cara yang baik pula sehingga keluarannya bagus.
Oleh karena itu penyelenggaraan sekolah unggulan harus segera direstrukturisasi agar benar-benar bisa melahirkan manusia unggul yang bermanfaat bagi negeri ini. Bibit-bibit manusia unggul di Indonesia cukup besar karena prefalensi anak berbakat sekitar 2 %, artinya setiap 1.000 orang terdapat 20 anak berbakat (Daniel P. Hallahan dan James M. Kauffman, Exceptional Children: Introduction To Special Education, New Jersey: Prentice-Hall international, Inc., 1991), hh. 6-7). Berdasarkan prakiraan Lembaga Demografi UI (1991) penduduk usia sekolah di Indonesia tahun 2000 diperkirakan sebesar 76.478.249, maka kita akan memiliki anak berbakat (baca: unggul) sebanyak 1.529.565 orang. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan pimpinan dari tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan.

Restrukturisasi Sekolah Unggulan
Maka konsep sekolah unggulan yang tidak unggul ini harus segera direstrukturisasi. Restrukrutisasi sekolah unggulan yang ditawarkan adalah sebagai berikut: pertama, program sekolah unggulan tidak perlu memisahkan antara anak yang memiliki bakat keunggulan dengan anak yang tidak memiliki bakat keunggulan. Kelas harus dibuat heterogen sehingga anak yang memiliki bakat keunggulan bisa bergaul dan bersosialisasi dengan semua orang dari tingkatan dan latar berlakang yang beraneka ragam. Pelaksanaan pembelajaran harus menyatu dengan kelas biasa, hanya saja siswa yang memiliki bakat keunggulan tertentu disalurkan dan dikembangkan bersama-sama dengan anak yang memiliki bakat keunggulan serupa. Misalnya anak yang memiliki bakat keunggulan seni tetap masuk dalam kelas reguler, namun diberi pengayaan pelajaran seni.
Kedua, dasar pemilihan keunggulan tidak hanya didasarkan pada kemampuan intelegensi dalam lingkup sempit yang berupa kemampuan logika-matematika seperti yang diwujudkan dalam test IQ. Keunggulan seseorang dapat dijaring melalui berbagai keberbakatan seperti yanag hingga kini dikenal adanya 8 macan.
Ketiga, sekolah unggulan jangan hanya menjaring anak yang kaya saja tetapi menjaring semua anak yang memiliki bakat keunggulan dari semua kalangan. Berbagai sekolah unggulan yang dikembangkan di Amerika justru untuk membela kalangan miskin. Misalnya Effectif School yang dikembangkan awal 1980-an oleh Ronald Edmonds di Harvard University adalah untuk membela anak dari kalangan miskin karena prestasinya tak kalah dengan anak kaya. Demikian pula dengan School Development Program yang dikembangkan oleh James Comer ditujukan untuk meningkatkan pendidikan bagi siswa yang berasal dari keluarga miskin. Accellerated School yang diciptakan oleh Henry Levin dari Standford University juga memfokuskan untuk memacu prestasi yang tinggi pada siswa kurang beruntung atau siswa beresiko. Essential school yang diciptakan oleh Theodore Sizer dari Brown University, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan siswa kurang mampu.
Keempat, sekolah unggulan harus memiliki model manajemen sekolah yang unggul yaitu yang melibatkan partisipasi semua stakeholder sekolah, memiliki kepemimpinan yang kuat, memiliki budaya sekolah yang kuat, mengutamakan pelayanan pada siswa, menghargasi prestasi setiap siswa berdasar kondisinya masing-masing, terpenuhinya harapan siswa dan berbagai pihak terkait dengan memuaskan.
Itu semua akan tercapai apabila pengelolaan sekolah telah mandiri di atas pundak sekolah sendiri bukan ditentukan oleh birokrasi yang lebih tinggi. Saat ini amat tepat untuk mengembangkan sekolah unggulan karena terdapat dua suprastruktur yang mendukung. Pertama, UU No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dimana pendidikan termasuk salah satu bidang yang didesentralisasikan. Dengan adanya kedekatan birokrasi antara sekolah dengan Kabupaten/Kota diharapkan perhatian pemerintah daerah terhadap pengembangan sekolah unggulan semakin serius.
Kedua, adanya UU No. 25 tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional Tahun 2000-2004 yang didalamnya memuat bahwa salah satu program pendidikan pra-sekolah, pendidikan dasar dan pendidikan menengah adalah terwujudnya pendidikan berbasis masyarakat/sekolah. Melalui pendidikan berbasis masyarakat/sekolah inilah warga sekolah akan memiliki kekuasaan penuh dalam mengelola sekolah. Setiap sekolah akan menjadi sekolah unggulan apabila diberi wewenang untuk mengelola dirinya sendiri dan diberi tanggung jawab penuh. Selama sekolah-sekolah hanya dijadikan alat oleh birokrasi di atasnya (baca: dinas pendidikan) maka sekolah tidak akan pernah menjadi sekolah unggulan. Bisa saja semua sekolah menjadi sekolah unggulan yang berbeda-beda berdasarkan pontensi dan kebutuhan warganya. Apabila semua sekolah telah menjadi sekolah unggulan maka tidak sulit bagi negeri ini untuk bangkit dari keterpurukannya. Nurkolis, Dosen Akademi Pariwisata Nusantara Jaya di Jakarta
Saya Drs. Nurkolis, MM setuju jika bahan yang dikirim dapat dipasang dan digunakan di Homepage Pendidikan Network dan saya menjamin bahwa bahan ini hasil karya saya sendiri dan sah (tidak ada copyright). .

Reynald Tompel Design @ 2006